Kamis, 06 Oktober 2016

Sejarah Batik

Batik


Secara Etimologi Kata batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu ”tik” yang berarti titik / matik (kata kerja, membuat titik) yang kemudian berkembang menjadi istilah ”batik”. 


Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknikteknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Sejarah Batik Pekalongan 

Batik pekalongan yang berada di jawa tengah Indonesia adalah batik yang secara khusus dibuat oleh warga kota pekalongan dan kabupaten pekalongan,
pekerja serta pengrajin seni batik pekalongan bertempat tinggal di daerah pesisir pantau utara jawa maka dari itu batik disini sering terkenal dengan sebutan batik pesisi. Batik pekalongan Indonesia juga memilik warna-warna yang sangat atraktif dan rata-rata mempunyai ciri warna yang cerah.
Di area pulau jawa batik terbagi menjadi dua bagian secara umunya yakni yang pertama batik kraton dari daerah istimewa Yogyakarta dan dari kota solo dan yang kedua adalah batik pesisir yang terdapat di pantai jawa bagian utara. Untuk batik pesisir yang terbagi dalam pantai utara jawa (pantura) adalah kota pekalongan, Cirebon serta kota lasem. Pengaruh asing untuk daerah-daerah tersebut sangat lekat karena daerah tersebut sering kali menjumpai berbagai negara seperti belanda, negara china, india serta arab dan melayu bahkan para warga dari negara japan dan pada zaman itu ikut meramaikan serta mewarnai motif-motif bari serta penataan warna pada setiap kesenian batik pekalongan. Secara singkat jenis batik di pekalongan yang dipengaruhi oleh arab dan india adalah jenis batik jlamprang sedangkan untuk cina telah mempengaruhi corak batik encim serta klengenan. Dan yang lain lagi untuk negaara belanda memberikan pewarnaan khusus yang sangat mempengaruhi yang dikenal dengan jenis batik pagi sore sedangkan untuk batik hokokai jenis ini bertumbuh semenjak adanya pengaruh di zaman itu adanya warga negara jepang.
Selain dari pengaruh negara asing hal lain yang menyebabkan perkemabangan nilai batik pekalongan di indonesia adalah pengaruh para keluarga kraton pada saat terjadi perpecahan pada lingkungan kerajaan mataram, dari peperangan melawan belanda serta diantara lingkungan kraton tersebut sering terjadi pada saat itu dan hal itu menimpulkan para keluarga raja kraton mengungsi dan tempat pelarian saat itu kota pekalongan adalah salah satu tempat yang menjadi tempat menetap serta pengungsian sementara. Dari tradisi para keluarga kraton yang memang memiliki tradisi membatik. Hal ini yang secara pertumbuhan ikut mengembangkan pengaruh batik di kota pekalongan dan sekitarnya. Meskipun tidak resmi catatan mengenai kapan batik pekalongan di indonesia ini mulai tumbuh dengan pasti, tetapi dari data di deperindag motif batik telah terbuat sejak tahun 1802.

Bagikan

Jangan lewatkan

Sejarah Batik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.