Kamis, 06 Oktober 2016

Perkembangan Batik Pekalongan

Perkembangan Batik Pekalongan di Indonesia dan kancah International

Seiring berjalan waktunya batik Pekalongan menjadi roda ekonomi yang terus meningkat karena batik Pekalongan sendiri tidak pernah menjadi sebuah komoditi monopoli, dari perkembangan zaman batik Pekalongan menjadi sangat khas karena kegiatan membatik ini sepenuhnya didukung oleh masyarakat yang berada di Kota serta Kabupaten Pekalongan ditambah dukungan pemerintah yang terus membangkitkan serta meningkatkan produktivitas kesenian mbatik ini dan menjadi salah satu kontributor sebuah perdagangan serta tempat wisata kreatif untuk daerah kota Pekalongan ini. 
Proses trational tetap dipertahankan di kota ini untuk menghasilkan sebuah karya batik Pekalongan yang berkualitas dan murah. Dari pengerjaan yang sebagian besar dilakukan pada setiap masing-masing rumah sangat wajar kerajinan serta kesenian batik pekalongan ini akan bekerja dengan cara turun menurun. Dan karena hal ini ini Pekalongan tercatat sebagai kota kreatif yang terdaftar di Unesco. Selain perkembangan batik,komunitas batik Pekalongan yang sangat kuat dan sarana serta prasarana yang sangat memadai dalam pengembangan batik seperti Museum Batik Pekalongan, toko kerjaninan, pameran-pameran seni lokal dan pusat pasar tradisional Grosir Batik Pekalongan. bisa cek mengenai museum batik Pekalongan di situs informasi https://id.wikipedia.org atau di asosiasimuseumindonesia.org

Tentunya dengan masuknya Kota Pekalongan di daftar Unesco akan menjadi peluang kota ini lebih bisa mengembangka kesenian dan kreativitasnya dalam setiap memproduksi karya-karya batiknya. Dan semoga Batik Pekalogan akan terus berjaya, berkembang dan menjadi sebuah ikon kota ini yang telah dikenal menjadi Kota Batik Pekalongan. Dari sebuah komitmen terdaftarnya menjadi kota kreatif tentu nya akan meningkatkan peluang lebih besar untuk kota ini bisa melakukan kerjasama secara internasional dengan negara-negara lain untuk lebih membangun dan mengembangkan potensi Batik Pekalongan.


Bagikan

Jangan lewatkan

Perkembangan Batik Pekalongan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.